Kamis, 17 Februari 2011

GADO-GADO SIRAM

Sebenernya ini proyek ucapan terima kasih buat Papa soalnya udah beliin Mama sebuah gadget baru..hihi.. Enggak ding..
Jadi ceritanya gini, pas hari Selasa kemaren kan jalan-jalan ma Papa n krucil naik sepeda motor. Nah pas pulangnya, nemu pedagang yang jualan makanan khas Surabaya, yaitu Gado-gado Siram dan Lontong Balap plus Sate Kerangnya. Whuaaa...tanpa pikir panjang kami mampir. Pesen masing-masing 1 porsi. Papa dengan gado-gadonya, aq berkutat dengan lontong balap, sementara si Teteh asyik dengan sate kerangnya :))
Tapi....ternyata rasanya tidak secantik penampilannya. Menurut Papa, rasane gak ngalor gak ngidul -aka rasanya berantakan- hihhi... Begitu juga dengan lontong balapnya, hadoohhh serasa makan sop, gak berani petisnya. Tapi ya repot, wong klo di Surabaya, petisnya kan asli petis kupang, jadi ya terlalu berlebihan deh kalo kami mengharapkan rasa yang persis plek dengan yang di kampung halaman. Secara, ini di Bekasi, nyari petis yang enak dan cucok di lidah kami ya agak susyeh...

Akhirnya dengan semangat juang yang tinggi -halah- pagi2 dah ke pastrad untuk beli bahan-bahan. Alhamdulillah, lagi banyak selada yang sueger-sueger. Setelah semua bahan lengkap, mulai deh masak. Resep bumbu siramnya berbekal dari daya ingat plus bisikan mesra Mami tercinta yang katanya minggu lalu juga bikin gado-gado siram :))

Bahan
250 gr kacang tanah, digoreng/disangrai, haluskan dengan blender
900 ml santan kental, diambil dari 1 butir kelapa tua
125 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
--------- rebus hingga mendidih

6 siung bawang putih -kemarin aq pake bawang putih kating, lebih wangi-
7 buah cabe merah besar, buang bijinya
3 lembar daun jeruk nipis, buang tulang daunnya dan rajang halus
sejumput garam
minyak goreng untuk menumis
--------- haluskan semua bumbu kemudian tumis hingga wangi
  • Setelah tumisan matang dan rebusan santan mendidih, masukkan tumisan kedalamnya. Rebus dengan api kecil. Ciri-ciri bumbu yang sudah matang adalah volumenya berkurang dan sedikit mengeluarkan minyak
  • Bila ingin lebih kental, tambahkan 1 sdm tepung beras yang dilarutkan dengan sedikit air sebagai pengentalnya
  • Cicipi, tambahkan gula pasir dan garam bila dirasa kurang pas - tadi pagi sama si Papa ditambahin gula pasir 4 sdm lagi, dan rasanya lebih maknyuuusss..-
Untuk bahan isian gado-gado , yaitu
Lontong
Kentang, dikukus/direbus
Telur rebus
Tahu dan tempe goreng
Kacang panjang dan taoge, rebus sebentar
Daun selada
Timun

Pelengkapnya
Emping, bawang goreng dan sambal
Niiihh dia penampakan awal si Gado-gado siram ala Dapur Bunda Vadya :)) cuma, untuk penampilan kali ini, empingnya belum sempat digoreng..hehehe.. Ini kan SOP, tukang masaknya icip-icip dulu

Bbm Papa, ternyata Papa pulangnya larut malam soalnya lagi mau ada meeting ma temennya, ywdh berarti Mama gak racikin buat Papa.
Eh, pagi ini sebelum subuh, Papa dah gerilya didapur. Si bumbu dipermak lagi -ditambahin gula 4 sdm- trus ngracik sendiri dan sarapan -yg terlalu pagi- sendiri...hehehe..
Tapi testimoni Papa menenangkan hatiku, katanya, "layak disajikan pas arisan temen-temen kantor Papa ntar ya..." Alhamdulillah.
Ni porsi sarapan paginya Papa
Sudah lengkap dengan pernak-pernik gado-gadonya :))
Hmm..resep apalagi berikutnya ya...?? Tunggu aja.....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mmmm yummy....mau coba ah...mudh2an sesukses suhu dini....

Bunda Vadya mengatakan...

haha..monggo dicoba.. terbukti pas disuguhkan buat arisan, licin tandas loh..
bdw, namanya siapa? kok anonim doang..