Kamis, 21 Oktober 2010

Macarons....!!

Penasaraaan banget sama yang namanya macarons.. Itu cookies rasane piye? Waktu itu pernah liat di salah satu blog, bentuknya sih bulat biasa tapi....kesannya mewah banget.
Maen-maenlah ke rumah mbah google dan kebetulan bberapa hari sebelumnya dapet buku macarons nya mbakYeni Ismayani, akhirnya mulailah browsing cari tau apa sih macarons itu.

Macarons adalah sejenis cookies (kue kering) yang terbuat dari putih telur ini mempunyai rasa yang sangat manis, warna yang indah, tekstur renyah dengan krim yang lembut. Nah, karena beberapa hari ini banyak banget stok putih telur, gak salah lah nyobain resep mb Yeni Ismayani...hehhe..maklum, masih ABG jadi nyobainnya resep yang gampang duyu... Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam membuat macarons, bisa dibaca disini ya..

Bahan
100 gr putih telur
400 gr icing sugar
2 sdm tepung maizena

Cara membuat
- siapkan loyang kue kering, olesi dengan margarine tipis. sisihkan
- kocok putih telur, icing sugar dan tepung maizena hingga mengental.
- masukkan adonan ke dalam piping bag. semprotkan adonan diatas loyang lalu diamkan di suhu ruangan selama 10 menit hingga adonan melebar dan tipis
- panggang dalam oven selama 10 menit dengan suhu 170'c
- buka pintu oven selama 5 menit, tutup lalu panggang kembali selama 20 menit dengan suhu 120'c hingga matang dan kering. 
Hasilnya memang belum sempurna banget. Kata para pakar sih, belum "berkaki"..hehehe
Tapi gak papalah, untuk amatiran model aq..wothed lah dengan hasil sementara ini :_)








0 komentar: