Kamis, 21 Oktober 2010

Fruit Cake for Vano and Macaroni Schotel for Bunda Vano :_)

Habis sholat maghrib dapet telpon dari papa, katanya, "besok papa mau kerumah mamek -soulmate kerjanya-, gimana, jadi ngirim kue gak?"
Hah...??? Kok baru bilang sekarang..
Tarik nafas, cek di dapur kecilku masih punya stok apa aja. Hmm..terigu, telur, susu bubuk, maizena..pokoknya masih pas lah kalo buat sponge cake. Akhirnya 'screaming'lah aq di BBG Bakul Rumahan, alhamdulillah dapat respon dari Deasi Kumala dan Mba Rachmah.
Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya aq putuskan bikin cake dan macschot.
Resep sponge cakenya kiriman dari Mba Rachmah, ni aq share ya..

Bahan
10 butir kuning telur
5 butir putih telur
185 gr gula pasir -- aq ganti dengan gula halus agar teksturnya lebih halus dan lembyut
1 sdm emulsifier
140 gr terigu
1 sdm maizena
25 gr susu bubuk
170 gr butter/margarine cair 

Cara membuat
- olesin 3 buah loyang bulat diameter 20 cm dengan margarin. Panaskan oven pada suhu 160'c
- kocok telur dan emulsifier hingga mengembang
- tambahkan gula halus sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kental 
- masukkan semua bahan tepung (terigu, maizena, susu bubuk) dengan cara diayak, aduk rata
- masukkan mentega/margarine cair sedikit sedikit sambil di aduk balik
- tuang ke dalam loyang
- oven hingga berwarnan kecoklatan dan matang

Ni hasil baking dan sedikit dicarving (a.k.a dirapihkan) tapi masih telanjang :))


Oya, sembari nunggu cake matang, aq sambi bikin macschot. Untungnya hampir semua bahan ada di kulkas, malah dapat tambahan jamur..hehehe...
Alhamdulillah, tanpa kendala sampai proses pengukusan. Tinggal besok bikin saus putih, taburi dengan keju parut dan panggang deh!

Back to d'cake, walaupun tadi baking jadinya 3 loyang, tapi yang kupakai hanya 2 loyang aja, soalnya dah mayan tinggi, sekitar 7 cm an. Cake aq oles dengan strawberry jam ajah.
Masalah berikutnya muncul. Mau kuhias dengan apa nih? Liat di kulkas, ada whipcream cair yang belum kupake nih...kuberdayakan aja deh! :)) tinggal nambah gula bubuk doang kok...Ok, done!
Next problem, toppingnya apa? Lirik-lirik lagi...alhamdulillah masih stok sedikit strawberry, sedikit jeruk mandarin. Ywes lah, karena waktu dah cukup larut malam, gak mungkinlah aq mau cari buah tambahan.
Akhirnya nge_mix si whippy dan setelah siap segera di kulkasin dulu! Siapin deh coklat untuk hiasan pinggirannya. Pake cara sesat, potongan dcc masuk ke piping bag, masukkan aja ke rice cooker bentar, leleh deh! trus segera cetak di cetakan pagar, masuk freezer dan gak sampai 10 menit dah siap. Gak lupa juga nyiapin buah yang mau dipakai. 
Kurang lebih jam 23.00 mulai menghias deh...
Siapin cake, whipcream, beberapa spuit, coklat pagar dan buah. Olesin semua cake dengan whc tipis2 aja, atur coklat pagar.............OMG, pas udah naruh2 coklat pagar, pitanya mannnnnaaaaaa...?????? Huaaaaaa....kagak punya stok pita blas!!
Akhirnya, dengan sangat terpaksa, tuh pagar coklat dicopoti lagi :((
Dan semua berakhir dengan hiasan full whipcream dengan topping buah yang seadanya plus tulisan yang juga seadanya. Jam 01.30 kelar semua, masukkin kulkas deh...
 


Jam 04.30 bangun, "Ma, jam setengah 6 papa dah harus berangkat ya, kan dari cibubur mau langsung ke sukabumi", begitu kata si papa pas bangun subuh.
Gak masalah, pa.. Cake dah rapi kok..hehe.. Tinggal menyelesaikan macschot aja. Abis sholat subuh, segera ambil teflon dan bikin saus putih. Begitu selesai, marut keju... Shet, shet, shet....kelar!
Langsung masuk oven dan 30 menit kemudian ready to go! 


O iya, si teteh protes, kok macschotnya di bawa papa semua... hihi.. tenang, mama dah sediakan yang personal. Mayan, dapat sisa 6 cup alufoil dan langsung 'ilang' 2 cup untuk dibawa bekal sekolah :))
Jam 8 pagi dapet bbm, bunyinya, "bude, makasih cake dan macshotnya ya... cakenya yummy, macschotnya juga manteb"
Alhamdulillah, klo berkenan ya.. next time tinggal aq tunggu orderannya ^_^
Peluk cium buat Vano ya, bunda..... maaf belum sempat nengok


***big thanks to Mba Rahmah, sponge cakenya bisa diandalkan nih.. :))

0 komentar: