Senin, 21 Februari 2011

LONTONG BALAP

Sabtu sore kali ini pingin banget bikin lontong balap. Di kulkas udah ada lontong -sisa dari bikin gado2 tuh- trus ada tahu, taoge, daun bawang dan yang pasti ada petis udang yang udah kuolah paginya untuk sambal cocolan.

Sebenernya bikin lontong balap tuh gampang banget lho.. Tapi ini versinya dapur bunda vadya lho ya..hehehe..
Bumbunya mirip seperti bumbu sop, tumis dulu bumbunya termasuk daun bawang dan selederi ya... Tuangkan ke kedalam rebusan air. Beri garam, gula dan penyedap. Icip2 dulu..
Kalo rasa udah pas, beri remasan bawang putih goreng kedalam kuah sop.
Sementara itu, bisa disambi merebus taoge..tapi bentaaaaarrrr aja ya.. biar masih ada sensasi kresnya, lagipula nanti akan dimatangkan lagi dengan siraman kuah sop yang panas itu.

Penyajiannya, potong-potong lontong, tahu sesuai selera. Beri taoge, kemudian siram dengan kuah sop (agak banyak ya...jangan pelit-pelit..hehe). Beri kecap manis, dan beri sambal petis. diatasnya Jangan lupa beri taburan bawang merah goreng yang banyak. Siap disajikan dengan kerupuk dweh...
Nah, kalo yang aseli suroboyo pastinya tau ya... Apa yang belum kusajikan disini.. :)
Lento. Yup, gorengan yang terbuat dari kacang tolo -tapi sayang, aq blm pandai bikinnya- yang renyah dan garing. Untuk kali ini, aq ganti pake bakwan sayur -aka ote-ote- hehehe...
Nah ini penampakan tahu goreng dengan petisnya yang dibuat camilan sama papa sembari nunggu lontong balapnya kelar.
Ahh, mau tanya bikin petisnya? Boleh..
Sebenernya petis inni aq dah beli jadi. Dan merek favorit keluarga adalah Ny. Siok -dari petis, terasi sampai kerupuk plus keripik-

Kalo mau masak petisnya, bahannya hanya petis, bawang putih dan cabe rawit tentunya.
Keluarkan petis dari wadahnya -oya, petis wujudnya agak-agak lengket dan warnanya hitam- taruh dalam mangkuk. Rendam dalam air hangat, biarkan sejenak. Sambil menunggu petis agak melunak, rajang bawang putih kemudian goreng kering. cacah dengan menggunakan pisau atau remas dengan tangan, biar hasilnya gak terlalu lembut (hancur). Rajang halus cabe rawit (jangan diuleg ya..)
Oya, jangan tanya berapa siung bawang dan berapa buah cabe rawitnya ya.. Semua sesuai selera aja.. :) Kalo buat aq, semakin banyak bawang putih tentu rasanya semakin nikmeehh..

Panaskan minyak goreng, masukkan cabe rawit, tumis sebentar. Masukkan petis, aduk rata. Beri tambahan air. Tuang kecap manis. Setelah rasa dan kekentalan dianggap pas, masukkan bawang putih goreng. Aduk rata, masak hingga meletup-letup.
Siap disajikan dengan aneka macam gorengan.

Biar si petis ini awet, jangan pernah langsung mencocol makanan ke mangkuk petis ya.. Ambil sedikit ke piring kecil aja, secukupnya..kalo kurang ya nambah lagi. Jadi mangkuk petis tetep steril dari adukan. Disarankan petis selalu dihangatkan sehari sekali.

Nah, gampang kan? Siap mencoba....???

0 komentar: