Jumat, 20 Agustus 2010

Yes...!! It's a CORN.. Beautiful, isn't it...?



whua...baru sempat posting sekarang, padahal puding ini bikinan hari sabtu 14 agustus kemaren.
tapi gapapa...yang penting aq masih bisa berbagi..yo tow??

Jadi, hari sabtu kemaren ada acara buka puasa bersama dirumah. Si papa pingin banget ngundang temen-temen "spiritual"nya :) buat silaturahim sekalian bukber getoh..
Dari pagi dah ngoprek dapur, secara aq pingin semua masak sendiri. Menu sesuai permintaan yang punya gawe,  ayam goreng, tahu, tempe, lele goreng, sayur asem, sambel, lalap... Itu spesial request dan gak bisa berubah apalagi ditolak..!!
Ok, dikerjakan..tapi desertnya mama yang nentuin ya...*merajuk, mode ON* ^_^
Sempat bingung juga mau bikin desert apa soalnya aq berpatokan gak mau yang ribet, secara yang diundang juga hampir 30an orang, jadi diusahakan tenaga memasak dihemat..kwkwkwkwkw..
Hmm...pas ada tukang sayur lewat, langsung kepikiran bikin puding jagung aja, secara, pas ngeliat ada jagung yang bagus-bagus banget di tukang sayur itu. Beli deh beberapa bonggol dan dilengkapi bahan-bahan yang lain. Tarra...jadilah puding jagungku yang cuantekk membelai lidah sekaligus membuai mata...hehehe




Mau resepnya? Nih aq share ya..

SWEET CORN PUDING
homemade by Dini Rusdianto

Bahan
5 buah jagung manis, dipipil (kalo males boleh diserut pake pisau)
4 gelas belimbing air (kurang lebih 800ml)
1 pak agar-agar swallow globe
100gr gula pasir
200ml susu kental manis
2 butir kuning telur
beberapa tetes pewarna hijau dan kuning tua

Cara pembuatan
1. Blender jagung yang sudah diserut dengan menambahkan air. Peras, ambil sari jagungnya kurang lebih 1liter. Buang ampasnya.
2. Campurkan agar-agar dan gula pasir. Rebus bersama dengan sari jagung hingga mendidih.
3. Masukkan susu kental manis, aduk 
4. Masukkan kocokan kuning telur,aduk hingga mendidih sekali lagi.
5. Cetak kedalam loyang puding

Tips: Kuning telur yang sudah dikocok jangan langsung dimasukkan ke adonan puding ya, soalnya akan berserabut. Triknya, kocokan kuning telur beri dulu rebusan adonan puding, aduk rata di mangkok. Setelah tercampur rata, baru tuangkan ke dalam rebusan adonan puding tadi.

Cara nyetak ke loyangnya gimana? Kok ada bentuk jagungnya di puding? Itu jagung beneran disiram puding atau apa ya? Cetakannya beli dimana?
Hihi...ini beberapa pertanyaan yang dilontarkan di milis pas aq share puding ini.
Dijawab disini ya..

Loyangnya memang berbentuk jagung dan ada daunnya. Ni penampakan si loyang puding jagungku.

Dah ada bayangan kan?
Ok.. Trus nyetaknya piye?
Ambil sedikit adonan, beri pewarna hijau dulu. Tuang ke bagian loyang yang berbentuk daun. Setelah yang warna ijo dituang, ambil lg adonan dan beri pewarna kuning tua. Ini untuk bagian bonggol jagungnya. Tunggu sebentar hingga setengah mengeras, tapi jangan sampai keras bener, soalnya resiko bikin puding lapis, kalo adonan sebelumnya terlalu keras, maka adonan berikutnya susah nempel. Tapi klo kelupaan, misalnya ditinggal tidur..xixixixi... tusuk-tusuk aja puding yang sudah mengeras itu, trus tuang deh adonan berikutnya (panas-panas ya...). Klo masih gak nempel juga...ya bikin lagi aja, apalagi klo misalnya puding ini orderan...heheheh
Setelah 2 bagian ini agak mengeras, maka tuangkan sisa adonan (gak usah dikasih pewarna lagi ya, biar kuningnya pake warna kuning jagung aja) ke loyang. 
Oya, dalam menuang adonan puding lapis begini, harus hati-hati sekali. pake aja sendok sayur dan menuangkannya mulai dari pinggir loyang (kalo bahasa jawanya "melipir"). Menuangkan adonan dengan cara sendok sayurnya ditempel ke pinggiran loyang. Dan jangan disatu sisi aja, nuangnya ikut muter mengelilingi loyang.
Deuh, mudah2an gak mumet membayangkan ya.. ^^
Biarkan dingin dan uap panasnya hilang baru masukkan ke dalam kulkas.

Sumpeh..!! Kalo baca cara pembuatannya kesannya agak ribet, tapi percaya deh...ini gampang banget..
Oiya, ini sekaligus menjawab pertanyaan apa ada jagung beneran yang disiram puding...
Jawabannya, tentu tidak..!! :))

Cetakan beli dimana? hayyah...ini cetakan jadul yang aq beli mungkin 2 tahun yang lalu di Pasar Mester, Jatinegara. Entah, sekarang masih ada gak ya..
Wes aah.. ayo beli bahan2nya, buruan bikin.. 
Gak punya cetakannya..? Gak usah repot bin ribet, pake cetakan yang ada atau sajikan personal pake gelas atau cup. Beres tho.. ^_^

1 komentar:

http://ibushella.blogspot mengatakan...

cantik banget bentuknya :D